Rabu, 20 Oktober 2010

TBT

Apa itu technology-based training (TBT)?
Ini satu diantara jenis atau bentuk training. TBT, satu diantara keunikannya adalah penggunaan perangkat teknologi. Eits, tapi ingat, teknologi tidak selalu berarti "mutakhir" atau "modern". Mari kita tengok pengertian teknologi.

Teknologi berasal dari kata teknos (alat) dan logos (ilmu). Jadi secara sederhana, teknologi bisa berarti ilmu tentang alat. Alat apa? Alat yang memudahkan manusia dalam memenuhi hajatnya, dalam menyelesaikan berbagai urusannya. Itulah teknologi.
Dari pengertian sederhana ini, bisa kita cermati hal yang menarik dengan TBT. TBT tidak harus selalu berkaitan dengan teknologi canggih seperti computer-based, LCD projector dengan lumens mutakhir, pen presentation dengan penggaris bawah warna. Tidak harus. Bahwa semua itu bisa dipakai dalam TBT, iya. Tapi TBT tidak secara otomatis identik dengan semua alat canggih itu.

Maka, menggunakan gelas plastik dalam training kita, oke-oke saja.

Saya ingat contoh yang dibuat oleh seorang dosen antropologi. Ketika seseorang hendak memetik mangga, sedangkan buah mangganya terletak jauh di atasnya, apa yang harus ia lakukan? Satu diantaranya adalah merancang sebuah 'teknologi'. Ia cari bambu yang panjang. Ia ikat dengan (semacam) keranjang kecil. Jadilah itu 'teknologi' pemetik mangga. Aha!


Fatan Fantastik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar